Home Pelajar Bicara Aliansi MP (Manajemen Pendidikan) Menolak Pindah

Aliansi MP (Manajemen Pendidikan) Menolak Pindah

by Tuan Rumah AP

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah kampus yang berdomisili di Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan, Banten. UIN Jakarta adalah kampus PTKIN terbesar di seluruh indonesia. Banyak orang dari berbagai kota dan provinsi dari penjuru nusantara berbondong-bondong untuk masuk dan menjadi mahasiswa UIN Jakarta.

UIN Jakarta akhirnya menambah kuota untuk beberapa jurusan sehingga dapat menampung lebih banyak mahasiswa/ mahasiswi baru. Hal ini menyebabkan jumlah mahasiswa UIN semakin banyak sehingga kapasitas kelas tidak mewadahi. Dari hal tersebut beberapa terobosan di lakukan oleh pihak UIN seperti pembuatan gedung baru, sehingga diharapkan bisa menguruai kepadatan yang ada di kampus 1.

Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora yang pertama kali di pindahkan dari kampus 1 ke gedung di Kel. Legoso pada tahun 2017, lalu mahasiswa Fakultas Ekonimi Bisnis yang di pindahkan ke Kel. Pisangan pada tahun 2018. Maret 2019 bertepatan dengan semester genap, mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan akan dipindahkan ke gedung atau kampus baru di daerah Sawangan, Depok.

Dari tiga fakultas yang terkena relokasi gedung tersebut, mahasiswa FITK yang sangat tidak diuntungan atau menerima dampak besar. Dampak paling besar yaitu terkait jarak yang membuat ruang gerak mahasiswa terbatas. FEB dan ADAB saja yang relokasi gedungnya masih berdomisili di kec. Ciputat Timur masih merasakan minimnya fasilitas dan sarana prasarana kampus, sedangkan yang lengkap seperti perpustakaan utama (PU) berada di kampus 1.

FITK nantinya yang akan berdomisili di sawangan yang notabenya berada di daerah Depok akan memiliki banyak kendala yang harus dihadapi oleh mahasiswa seperti akses transportasi, sarana tempat tinggal, minimnya referensi, sulitnya mahasiswa yang mengikuti kegiatan intra kampus dan sebagainya.

Dari kebijakan sepihak yang dilakukan oleh denakat FITK tersebut, beberapa mahasiswa merespon dengan membentuk sebuah aliansi MP (Manajemen Pendidikan) menolak pindah.

Aliasi ini bertujuan untuk:

1. menolak pemindahan jurusan MP (Manajemen Pendidikan) ke Sawangan.

2. Mengecam kebijakan dekanat yang sepihak dan terkesan otoritarian.

3. Meminta penjelasan terkait landasan konkrit pemindahan jurusan MP (Manajemen Pendidikan).

Pada tanggal 24 januari 2019 mahasiswa aliansi didampingi oleh pihak HMJ MP, Dosen, dan Kajur MP Melakukan audiensi dengan Dekanat yang di hadiri oleh dekan FITK prof. Dr. Thib Raya, MA. dan wadek 3 Dr. Fauzan, MA. Hasil dari audiensi tersebut adalah pihak dekanat tetap besikukuh untuk memindahkan jurusan Mp ke kampus baru di Sawangan dengan alasan yang tidak memuaskan. Dari hasil yang tidak memuaskan tersebut pihak aliansi MP menolak pindah terus berupaya meminta keadilan dengan mengajukan audiensi kepada pihak rektorat.

Oleh Ari Setiadi

Mahasiswa MP, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

You may also like

Leave a Comment